Stok Melimpah, Ketersediaan Hewan Kurban di Brebes Aman

 



BREBES,GoongNews- Pj Bupati Brebes, Iwanuddin Iskandar, mengatakan, ketersediaan hewan kurban untuk hari raya Idul Adha 1445 H, aman.


Hal tersebut disampaikan usai meninjau peternakan Domba Barokah Farm Desa Kalinusu dan Peternakan Sapi Lembu Utama Farm di Desa/Kecamatan Bumiayu.“Dari data yang kita miliki, stok ketersedian hewan kurban baik domba atau sapi yang akan di jadikan kurban pada hari raya Idul Adha 1445 Hijriyah nanti, cukup aman,” kata Iwanuddin, didampingi Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (DPKH), drh Ismu Subroto, Selasa (28/5/2024).


Menurut Iwanuddin, Kabupaten Brebes punya satu potensi khususnya di sektor peternakan karena ditunjang lahan yang masih dapat digunakan untuk pengembangan peternakan.”Kami mengucapkan  terima kasih kepada jajaran Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan yang sudah membimbing para peternak agar menghasilkan hewan yang berkualitas,” katanya.


Iwanuddin juga berpesan agar DPKH memaksimalkan peternakan unggas, disamping domba dan sapi.”Peternakan unggas jangan sampai di tinggalkan karena unggas juga memiliki tingkat ekonomi yang baik untuk menunjang perekinomian masyarakat,” katanya.


Sementara itu Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Brebes drh Ismu Subroto, M.Si mengatakan bahwa untuk saat ini populasi hewan ternak di kabupaten brebes, khususnya domba ada 34 ribu ekor. Dari jumlah itu, untuk stok kurban ada sekitar 16 ribu ekor. Sedangkan kebutuhan hewan kurban lebih kurang 12 ribu ekor. Sementara untuk stok hewan kurban sapi ada sekitar 13 ribu ekor. “Jadi ketersediaan hewan kurban di Kabupaten Brebes cukup melimpah,” katanya. 


DPKH, lanjut Ismu, juga terus memantu kesehatan hewan kurban dengan turun langsung ke lapak hewan atau juga mendatangai secara langsung ke peternakan hewan yang ada di Kabupaten Brebes.”Dari pantuan masih cukup aman dari berbagai penyakit hewan yang berbahaya,” katanya. 


Sementara pemilik peternakan domba Barokah Farm yang berada di Desa Kalinusu Kecamatan Bumiayu Alex Salammulloh mengatakan bahwa saat ini pihaknya menyediakan stok hewan kuraban jenis domba ada 50 ekor dan saat ini masih ada sisa 10 ekor yang belum terjual. Di tambahkan oleh Alex untuk rentang harga hewan kurban jenis domba di peternakannya berkisar antara 2.5 juta s.d 3 juta rupiah per ekor.


Namun ketika ada pembeli ada yang membutuhkan hewan kuraban yang lebih super lagi dengan harga yang lebih mahal pihaknya juga siap menyediakan karena telah bekerja sama dengan peternak lainnya.(Gong)