Resmikan Tiga Jembatan Gantung di Brebes, Pangdam IV/Diponegoro : Mobilitas Warga Lancar, Tidak Lagi Harus Menyeberangi Sungai


B
REBES,GoongNews- Panglima Kodam (Pangdam)  IV/Diponegoro, Mayjen TNI Deddy Suryadi SIP, M.Si, meresmikan tiga Jembatan Gantung Merah Putih di Desa Kalinusu, Kecamatan Bumiayu, Brebes, Selasa (28/5/2024).


Tiga jembatan yang diresmikan, yaitu Jembatan Gantung Merah Putih I di Dukuh Wadas Gumantung Desa Kutamendala, Kecamatan Tonjong, Jembatan Gantung Merah Putih II di Desa Kalinusu Kecamatan Bumiayu dan Jembatan Gantung Merah Putih III di Dukuh Cisa'at Kecamatan Bantarkawung.


Acara peresmian disaksikan ribuan warga. Mereka mengaku senang karena jembatan yang selama ini diimpikan akhirnya terwujud  berkat Gerakan Tangan Tuhan yang diprakarsai Kodim 0713 Brebes.


Pangdam  IV/Diponogoro Mayjen TNI Deddy Suryadi, SIP, M.Si mengajak warga masyarakat untuk bersama-sama menjaga keberadaan jembatan gantung merah putih agar awet."Jaga Keberadaan Jembatan gantung tersebut, karena jembatan ini merupakan sarana transpotasi yang sangat vital bagi warga masyarakat, sehingga mudah dalam menyebrang sungai tidak harus turun langsung kesungai yang tentunya sangat berbahaya apalagi kalau sedang banjir" ungkapnya.


Oleh karena itu jajarannya bersama para prajurit TNI akan terus bersinergi dengan semua elemen masyarajat untuk membantu program pemerintah dalam mewujudkan pembangunan nasional.


Pangdam menambahkan bahwa dirinya juga sudah menyampaikan ke Presiden Joko Widodo yang akan meresmikan Jembatan Gantung di wilayah Kodam IV/Diponogoro.


Sementara itu, Pj Bupati Iwanuddin Iskandar, SH,M.Hum saat mendampingi Pangdam IV/Diponogoro merasa bangga dan bahagia karena dengan adanya tiga Jembatan Gantung yang di bangun oleh Gerakan Tangan Tuhan Kodim 0713 Brebes warganya yang selama ini terisolir dan kesulitan saat harus menyebrangi sungai sekarang ini jadi lebih mudah dalam membawa hasil panen dan akses menuju pusat kota.


"Selama ini warga yang meyebrang sungai sebelum ada jembatan harus turun masuk air, dan anak-anak yang berangkat sekolah juga harus di gendong atau harus naik jukung" jelasnya.


Menurut Pj Bupati gerakan tangan tuhan ini sangat banyak sekali manfaatnya khusunya bagi masyarakat yang memang kesulitan akses jalan seperti di Kabupaten Brebes yang wilayahnya cukup luas.



Sebelum meresmikan jembatan Gantung Pangdam bersama Pj Bupati menanam pohon akar wangi di sekitar jembatan agar tidak terjadi abarsi atau longsor.


Pangdam selain meresmikan tiga jambatan gantung juga memberikan bantuan sosial di lokasi panen raya padi di Desa Kalilangkap Kecamatan Bumiayu serta pengecekan optimalisasi lahan dan pompanisasi untuk pengairan untuk 133 Hektar Desa Pangebatan Kecamatan Bantarkawung.(Gong)