1.052 Jamaah Calon Haji Kabupaten Brebes di Berangkatkan ke Tanah Suci


BREBES, GoongNews- Sebanyak 1052 Jamaah Calon Haji (Calhaj) Kabupaten Brebes diberangkatkan Pj Bupati Brebes Iwanuddin Iskandar SH MHum dengan mengibaskan bendera start dari halaman Islamic Center Brebes pada Jumat (17/5/2024).  


Pj Bupati Brebes Iwanuddin Iskandar SH M Hum mengatakan, sebagian calon haji asal Kabupaten Brebes tahun haji ini banyak yang berusia lanjut. Sehingga dirinya berpesan supaya para calon haji selalu tetap jaga kesehatan. Dan untuk yang masih muda-muda agar turut menjaga yang sepuh-sepuh. 


"Prosesi haji sangat panjang, makanya kami menyarankan jangan beraktivitas berlebihan.  Sehingga nantinya bisa mengikuti proses haji hingga di Padang Arofah berjalan dengan lancar," kata Iwanuddin, usai melepas pemberangkatan calon jamaah haji asal Kabupaten Brebes


Ketua Panitia Fasilitasi Penyelenggaraan Ibadah Haji (PFPIH) Kabupaten Brebes, Akrom Jangka Daosat dalam laporannya menyampaikan, jamaah calon haji Kabupaten Brebes 1445 Hijriyah totalnya sebanyak 1.052. Mereka dibagi menjadi 5 Kelompok Terbang (Kloter) yakni Kloter 13, 24, 24, 26, dan Kloter 27 dengan rincian calon jamaah haji laki-laki sebanyak 477 orang dan  perempuan sebanyak 575 orang jamaah. 


“Ada 1 calon jamaah haji yang membatalkan pemberangkatannya dikarenakan sedang menderita sakit,” terangnya. 


Akrom mengungkapkan, hari ini Pj Bupati Brebes melepas keberangkatan calon jamaah haji kloter 25  yakni senyak 351 jamaah. Sebelunya kloter 24 sebanyak 122 juga telah diberangkatkan pada Jumat (17/5/2024) pukul 05.00 Wib. Juga ada 32 calon jamaah haji terpaksa diberangkatkan dengan menggunakan kursi roda, dikarenakan kesulitan berjalan dan sudah lanjut usia.


"Untuk jamaah calon haji yang tertua asal kabupaten Brebes yakni berusia 92 tahun, sementara paling termuda yakni calon jamaah haji berusia 20 tahun," pungkasnya.


Pelepasan dari Brebes dilakukan Penjabat Bupati Brebes Iwanuddin Iskandar SH M Hum dengan mengibaskan bendera star bersama unsur Forkopimda, Sekda Brebes, Staf Ahli Bupati, Asisten Sekda dan jajaran Kementrian Agama (Kemenag) Brebes, sejumlah kepala OPD, dan kepala Bagian di lingkungan pemkab Brebes.(Suprapto/Wasdiun/Humas Kab Brebes)