Persab Siap Cetak Atlet Sepak Bola

 

Pj Bupati Brebes Urip sihabudin SH MH Melauncing Persab Development di Hotel King Royal, jalan Ahmad Yani Brebes, Senin (3-4-23)


Brebes.GoongNews.Com - Persatuan Sepak Bola Brebes (Persab) bertekad mencetak atlet Sepak Bola. Untuk mewujudkannya dibuat program Persab Development. Program tersebut dilaunching Pj Bupati Brebes Urip sihabudin SH MH di Hotel King Royal, jalan Ahmad Yani Brebes, Senin (3-4-23) lalu.  


“Persab Deevelopment bertujuan untuk pengembangan khususnya insan olahraga sepak bola. Ini merupakan inovasi yang mencoba merubah pola yang selama ini Persab Brebes dikenal sebagai konsumen atlit diubah menjadi produsen atlit,” terang Urip.


Bagi Uripi, program ini menjadi sesuatu yang sangat menggembirakan, karena Persab Brebes kedepanya harus menjadi klub sepak bola yang profesianal.


Urip mengatakan, jika Persab Brebes Development menjadi industri olahraga ini merupakan langkah yang sangat baik meskipun secara anggaran masih ditopang oleh KONI Brebes. Pasti akan berbeda apabila dikelola secara profesional sebagai industri olahraga di bidang sepak bola. Karena kedepan akan menjadi industri sepak bola, tentu kita berharap sebagai sekolah sepak bola kombinasi antara good sport governance kemudian good football governance dan good school governance, tiga komponen ini harus kita padukan.


“Untu itu, hal yang terkait transparansi, akuntabilitas, harus dijaga betul-betul,” tandasnya. 


Lewat sekolah, banyak anak yang memang harus ditingkatkan kualitasnya dalam bidang olahraga utamanya sepak bola. 


Program Pembinaan Sentra olahraga Jangka Panjang (PSOJP) harus dikembangkan di semua wilayah Kabupaten Brebes. Gagasan dan polanya, secara bertahap mulai dari pembinaan, membangun atlit dari tingkatan yang paling dini  sehingga terlahir atlit yang bukan hanya untuk Persab tapi juga bisa menjadi atlit sepak bola nasiona. 


Direktur Persab Development Dr M Syamsul Haris SH, MH mengatakan program Persab Development merupakan inisiasi dari Ketua Persab Brebes Asrofi. Terkait dengan Persab Development ini merupakan program baru dari kepengurusan Persab Brebes dimana Persab Brebes selama ini bertanding baik di piala Soeratin maupun di liga 3 masih menggunakan pemain dari luar daerah. 


Dengan hadirnya Persab Development yang berkolaborassi dengan Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Brebes, melakukan pembinaan jangka panjang dengan mempersiapkan pemain- pemain lokal dari seluruh pelosok desa dan kecamatan di Kabupaten Brebes. 


“Saya yakin, dengan potensi junlah pemduduk Brebes yang besar akan mendapatkan pemain handal,” pungkasnya.


Tahun ini, lanjutnya, Persab bisa juara Jawa Tengah dengan komposisi pemain 50 persen pemain lokal dan pelatihnya pelatih lokal yaitu coach Aji dari Parereja Banjarharjo,” terangnya, 


Setelah dianalisa, pemain lokal kita mampu juara di piala Soeratin dan pemain terbaik dan pencetak gol terbanyak dari pemain lokal kita semua. Artinya sudah mampu bersaing di tingkat nasionall. 


Adapun Susunan Kepengurusan Persab Development periode tahun 2023-2027 yaitu Pembina I Asrofi,  Pembina II  Sumadi SAP, Pembina III Akhmad Sutamadi, Direktur Dr M Syamsul Haris SH MH Sekertaris Agus Pahlevi Almator SH, Bendahara Heri Yulianto, dan Bidang Kesiswaan Billy Oktavian SH.

Hadir pada acara tersebut Kepala Dians Pendidikan dan Olahraga Kabupaten Brebes Caridah MPd, Ketua KONI Brebes Abdul Aris Asaad, Forkopimca Brebes serta undangan lainya..