Pj Bupati: Infrastruktur Tak Bisa Ditangani Sendirian

PJ Bupati yang didampingi Kepala DPU Kab Brebes saat menerima audiensi Paguyuban Kepala Desa Sedulur Asih Kec Losari di Kantor Kecamatan Losari, Brebes, Selasa (21/2/2023)


Brebes.GoongNews.Com - PJ Bupati Brebes Urip Sihabudin SH MH menjelaskan, penanganan infrastruktur seperti jalan rusak tidak sepenuhnya ditangani oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) karena keterbatasan anggaran. Pemkab harus minta bantuan ke Kementerian PU, ataupun ke Dinas PU Provinsi Jawa Tengah. Sesuai dengan alokasi anggaran yang ada, Pemkab hanya mampu memperbaiki jalan rusak yang pendek-pendek saja.


Hal tersebut disampaikan PJ Bupati yang didampingi Kepala DPU Kab Brebes saat menerima audiensi Paguyuban Kepala Desa Sedulur Asih Kec Losari di Kantor Kecamatan Losari, Brebes, Selasa (21/2/2023)


Urip mengaku telah menghadap Pejabat terkait di Kementrian PU bersama Kepala DPU Brebes Sutaryono, menginformasikan sekaligus meminta bantuan kalau di Brebes jalan rusak ada sepanjang 624 km. Pihaknya telah minta tolong agar jalan terutama di jalur ekonomi agar segera dibantu perbaikannya. 


“Kalau jalur jalur yang luas dan banyak, saya mintakan ke kementerian dan untuk jalur medium saya mintakan ke Provinsi. Sedangkan yang pendek-pendek saja dan kecil yang kami tangani sendiri, saya menyakini dengan cara itu, 2-3 tahun jalan di Brebes akan lebih baik lagi," ucap Urip.


Urip menandaskan, kalau dirinya sangat terbuka untuk masyarakat dengan berbagai macam permasalahan. Dia 24 jam siap menerima kedatangan para Kades di kantor maupun di rumah dinas, baik secara rombongan maupun perorangan. Apapum, siap menerima masukan saran dan pendapat dari para Kades. Kalau memang baik untuk kepentingan masyarakat, sah sah saja Urip segera menindaklanjut berbagai saran dan usulan yang mengemuka.


“Semua saran dan pendapat serta keinginan dari para Kades, bila catatan masukan yang bersifat untuk kepentingan umum, saya siap menerima dan menindaklanjutinya,” tandas Urip.


Kepala DPU Brebes Sutaryono menyimpulkan, kalau permasalahan yang dihadapi para Kades terhadap jalan rusak adalah masalah anggaran. Untuk Kecamatan Losari sudah dianggarkan sebesar Rp 4 miliar lebih, 


“Membangun infrastruktur, kalau ada duitnya ya selesai. Bukan berarti DPU tidak mau bekerja, memang terkait anggaran perbaikan jalan jauh agak berkurang,” ungkap Taryono.

Taryono menjelaskan, kategori Jalan Kabupaten ada sepanjang 600 km lebih dan Jalan Poros ada sepanjang 700 km lebih, atau totalnya ada 1350 km. 


“Kalau di Kecamatan Losari di 2023 sudah ada anggaran sebanyak Rp 4 miliar lebih,” pungkas Taryono.  


Ketua Paguyuban Kades Sedulur Asih Untung Surodi meminta kepada PJ Bupati agar jalan yang rusak parah segera  di cor, jangan diaspal sebab kalau diaspal  cepat ambrol.