Malam ini 275 Kades di Brebes Berangkat ke Jakarta Menuntut Masa Kerja 9 Tahun

Kepala desa dari kecamatan tonjong berangkat ke jakarta, senin (16/1/23)


Brebes.GoongNews.Com - Sebanyak 275 kepala desa (Kades) di Kabupaten Brebes malam ini bertolak ke Jakarta, Senin,(16/1/23). Mereka bakal berkumpul dengan Kades dari berbagai daerah di Indonesia dalam rangka aksi damai di Jakarta pada 17 Januari 2023.


Achmad Tasdik Ketua Paguyuban Kades Kabupaten Brebes mengatakan, total ada 275 kades yang bakal ke Jakarta. Namun, sudah ada sebagian kades yang sudah berangkat ke Jakarta tadi pagi. Seperti kades di Kecamatan Jatibarang.


"Kurang lebih ada 275 kades malam ini  berangkat ke Jakarta. Namun ada sebagian kades dari kecamatan jatibarang sudah berangkat tadi pagi. Sebelum berangkat ke jakarta akan kumpul di Terminal Ketanggungan. Dan akan dilepas oleh Pj Bupati atau dinas yang mewakili," jelasnya.

Sebanyak 12 Kepala desa dari kecamatan bumiayu berangkat ke jakarta


Menurutnya, setibanya di Jakarta, 275 kades perwakilan dari Brebes bakal bergabung dengan Kades dari berbagai Indonesia. Dalam hal ini, mereka memperjuangkan revisi Undang Undang Desa nomor 6 Tahun 2014 pasal 39 ayat 1.  Terkait masa jabatan kades dari 6 tahun menjadi 9 tahun.


"Kementerian Desa sudah menjanjikan jabatan kepala desa layaknya 9 tahun," ungkapnya.


"Kami juga menuntut terkait kewenangan pemerintah desa. Saat ini kan kewenangan desa ada di pemerintah pusat. Sehingga, kami kepala desa menerima dana desa (DD) tidak bisa membagi-bagi sesuai dengan APBDes dan yang sudah di Perdeskan," lanjutnya.


Terpisah, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dinpermades) Brebes Subagyo membenarkan. Bahwa, ada 275 kades di Brebes yang bakal ke Jakarta menuntut revisi Undang Undang Desa nomor 6 Tahun 2014 pasal 39 ayat 1.


"Jadi Brebes itu yang berangkat sekitar 275 kades. Hal itu sesuai dengan surat pemberitahuan dari paguyuban kades di Brebes," terangnya.


"Sebagian sudah ada yang berangkat. Dan sebagian malam ini kumpul di Terminal Ketanggungan, sekitar jam delapan atau sembilan malam ini," pungkasnya.