Police Goes to School, Polres Kebumen Sosialisasikan Menggunakan Helm Secara Benar

 



Kebumen.GoongNews.Com - Helm menjadi salah satu piranti penting dalam berkendara sepeda motor. Fungsinya yang vital kerap kali menyelamatkan pengendara saat terjadi kecelakaan lalu-lintas. 


Benturan keras di arah kepala saat kecelakaan dapat diminimalisir dengan helm yang dipakai. 


Helm memang tidak seluruhnya melindungi tubuh saat terjadi kecelakaan, namun helm bisa mengurangi fatalitas akibat kecelakaan lalu-lintas. 


Pentingnya menggunakan helm yang tepat saat berkendara dengan sepeda motor kembali disosialisasikan Sat Lantas Polres Kebumen saat kegiatan "Police Goes to School" di SMA Negeri 1 Pejagoan, Jumat 19 Agustus 2022.


Sosialisasi ini mengajak para pelajar untuk selalu menggunakan helm dengan benar. 


"Kami tekankan kepada pelajar untuk selalu mengenakan helm dengan kualitasyang bagus, atau standar SNI. Ini untuk keselamatan saat berkendara," jelas Kapolres Kebumen AKBP Burhanuddin melalui Kasubsi Penmas Aiptu S Catur Nugraha. 


Setelah memilih helm dengan kualitas bagus, para pelajar juga dipastikan untuk memasang tali pengikat helm hingga bunyi klik menandakan terpakai sempurna.


Kasat Lantas Polres Kebumen AKP Tejo Suwono, helm yang terpakai dengan benar tidak mudah terlepas saat terjadi benturan akibat kecelakaan. 


"Ada beberapa kasus yang kami tangani, karena korban tidak memasang dengan benar helm itu terlepas saat kecelakaan. Jadi fungsi helm sebagai pelindung tidak bisa bekerja maksimal," kara AKP Tejo.


Selain itu helm SNI juga dibekali dengan kaca mika yang dapat melindungi wajah dan pandangan pengendara dari arah depan.


Para pelajar disimulasikan mengenakan helm lalu ada benda asing menghantam dari depan dan terbukti aman.


Selain menggunakan helm dengan benar, Sat Lantas mensosialisasikan tentang larangan mengenakan knalpot racing untuk kepentingan harian.


Selanjutnya kegiatan ditutup dengan tanya jawab berhadiah agar para pelajar semakin bersemangat mempraktekan materi yang disampaikan Sat Lantas serta menjadi pelopor keselamatan berlalu-lintas.