Miris, Sudah 2 Tahun Sekolah di Brebes Rusak Parah



Brebes.GoongNews.Com - Miris, melihat masih ada gedung Sekolah Dasar Negeri (SDN) di Kabupaten Brebes tidak bisa digunakan untuk kegiatan belajar dan mengajar (KBM), lantaran kondisinya rusak berat.


Seperti yang terjadi SDN Sridadi 01 Kecamatan Sirampog Kabupaten Brebes Jawa Tengah Bangunan di sekolah itu nyaris ambruk, kondisi bangunan miring, bagian lantai pecah dan retak parah membentuk lubang, bagian dinding retak merenggang dari bagian tembok lainnya. Rusaknya bangunan sekolah ini akibat adanya pergerakan tanah di sekitar lokasi.


Parahnya, mesti sudah dua tahun mengalami kerusakan hingga kini tak kunjung ada perbaikan. Sehingga terpaksa sebagian siswa menggunakan gesung Mushola untuk kegiatan belajar.




Kepala SDN Sridadi 01, Samsudin mengatakan, kerusakan gedung sekolah sudah dua tahun. Bermula ketika adanya pergerakan tanah yang mengakibatkan kerusakan bangunan.


"Kerusakannya sudah dua tahun lalu, karena pergerakan tanah," katanya, Senin 22/8/22.


SDN Sridadi 01 yang jumlah siswanya mencapai 110 siswa tersebut memiliki enam ruang kelas dan satu ruang guru atau kantor. Dari enam ruang kelas tersebut empat ruang mengalami kerusakan, dua diantaranya kerusakannya sangat parah dan tidak dapat digunakan untuk belajar.


"Sebagian masih digunakan untuk kegiatan belajar tapi itu sangat terpaksa karena kekurangan tempat," ujar Samsudin.



Bahkan untuk siswa Kelas V terpaksa menggunakan gedung Mushola untuk kegiatan belajar siswa. Sementara di ruang kelas yang ada digunakan bergantian untuk kegiatan belajar.


"Ada Mushola di dekat sekolah terpaksa digunakan untuk kegiatan belajar, karena kekurangan tempat," ungkap Samsudin.


Kerusakan gedung sekolah tersebut telah dilaporkan Pemkab Brebes melalui dinas terkait. Diharapkan segera ada tindak lanjut untuk segera perbaikan agar kegiatan belajar mengajar tidak terganggu karena kekurangan ruang kelas.