Paramitha Salurkan Bantuan BSPS Bagi Rehab 1.300 RTLH di Brebes - Senilai Total Rp 26 Miliar

 


Brebes.GoongNews.Com - Sebanyak 1.300 unit Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) di Kabupaten Brebes, menerima bantuan rehab, melalui program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) di tahun 2022 ini. Bantuan senilai total Rp 26 miliar ini, secara simbolis diserahkan Anggota DPR RI, Paramitha Widya Kusuma kepada para penerima manfaat, Kamis (12/5/2022). 


Salah satunya kepada para penerima di Desa Slatri, Kecamatan Larangan, Brebes, yang dilaksanakan di balai desa setempat. Bantuan BSPS berasal dari aspirasi Paramitha Widya Kusuma yang merupakan anggota DPR RI asal daerah pemilihan (Dapil) Jawa Tengah IX. Di tahun 2020 lalu, anggota DPR RI ini juga mengucurkan aspirasinya bagi rehab sebanyak 50 RTLH di Brebes. Kemudian, di tahun 2021 juga disalurkan bantuan rehab bagi 200 RTLH. 


Anggota DPR RI Fraksi PDIP, Paramitha Widya Kusuma mengatakan, dalam program BSPS tahun ini, sasarannya 1.300 RTLH, yang tersebar pada 28 desa di 9 kecamatan di Kabupaten Brebes. Yakni, Kecamatan Larangan, Ketanggungan, Banjarharjo, Tanjung, Losari, Bulakamba, Songgom, Brebes dan  Wanasari. Penyaluran program BSPS itu terbagi dalam tiga tahap hingga akhir tahun nanti. Untuk penyaluran kali ini masuk dalam tahap pertama dengan sasaran sebanyak 974 RTLH. Sedangkan sisanya, disalurkan pada tahap dua dan tiga. 



"Setiap warga penerima manfaat BSPS ini mendapatkan bantuan Rp 20 juta, yang berupa material dan biaya untuk tukang. Nilai bantuan itu memang dinilai kurang, sehingga sesuai nama programnya kami berharap dari para penerima ini tumbuh swadaya," ungkap Paramitha usai menyerahkan bantuan. 


Menurut dia, BSPS dilaksanakan di Brebes merupakan bentuk komitmen pihaknya sebagai anggota DPR RI dapil IX Jateng, untuk bersinergi dengan pemerintah daerah dalam mengatasi kemiskinan ekstrim, sekaligus mendorong peningkatan Indeks Prestasi Manusia (IPM) di Kota Bawang. Apalagi, Brebes masuk dalam salah satu daerah miskin ekstrim di Jawa Tengah. "BSPS ini sebagai bentuk ikut serta kami dan bersinergi dengan pemerintah daerah untuk mengatasi kemiskinan ektrim ini. Selain itu, kami juga menyerahkan bantuan beras bagi warga kurang mampu dari Ketua DPR RI, Puan Maharani," terangnya. 


Wakil Ketua DPC PDIP Kabupaten Brebes, Heri Pasaribu mengatakan, pihaknya mengapresiasi atas perjuangan dan kepedulian anggota DPR RI, Paramitha Widya Kusuma, sehingga masyarakat Brebes yang rumahnya tidak layak bisa tertangani. Diharapkan, bantuan rehab rumah itu bisa dimanfaatkan semaksimal mungkin oleh penerima manfaat, sehingga tempat tinggalnya bisa layak huni. "Kami mengapresiasi atas bantuan ini. Jika rumahnya layak huni, maka penghuninya akan sehat dan semakin keras bekerja untuk mencukupi kebutuhan keluarga," ucapnya. 


Sobikhin (60) warga Slatri, Kecamatan Larangan, mengaku, senang mdapat bantuan rehab,. Bahkan, saat ini sedang dalam proses perbaikan. "Alhamdulilah, saya mendapat bantuan rehab ini dari Mba Mitha. Rumah saya jadi lebih layak dan sehat," pungkasnya.