Satu Rumah Warga Pakijangan Brebes Ludes Terbakar



BREBES.GoongNews.Com– Rumah salah satu warga Desa Pakijangan, Kecamatan Bulakamba, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, ludes dilalap si jago merah, Selasa dini hari (8/6/2021).


Kapten Infanteri Tuteng Aryolona, Danramil 07 Bulakamba Kodim 0713 Brebes menjelaskan, kebakaran rumah Samsudin (65), pemungut sampah asal RT/RW. 01, terjadi sekitar pukul 01.00 WIB.


“Rumah Samsudin habis terbakar karena dindingnya hanya terbuat dari geribik atau anyaman bambu,” terangnya.


Lanjutnya, awalnya Samsudin bersama istri dan kedua anaknya sempat keluar rumah untuk melihat nyala api di pojokan rumah, namun karena api cepat membesar melahap dinding geribik, mereka pun tak dapat memadamkannya dan berteriak meminta pertolongan warga sekitar.


“Tidak ada korban jiwa namun kerugian materiil ditaksir mencapai Rp. 60 juta,” sambungnya.


Anggotanya yang berada di lokasi juga melakukan himbauan kepada warga agar berhati-hati saat membakar sampah, yakni menjauhkan dari pemukiman dan memperhatikan arah angin.


“Kita juga himbau ke warga agar memastikan puntung rokok mati sebelum dibuang, dan tidak membuangnya sembarangan,” tandasnya.


Sementara disampaikan Sodikin (65), tetangga korban, api cepat menyambar rangka atap rumah sehingga upaya pemadaman api dengan air seadanya tidak berhasil.


Beberapa saat berselang mobil pemadam kebakaran tiba di lokasi kejadian dan memadamkan kobaran api, namun gubuk tersebut sudah rata dengan tanah.


Sumber kebakaran diduga berasal dari api pembakaran sampah yang tertiup angin dan menyambar dinding geribik.