Ngopi Bareng di Kedai Kopi Khas Salem

Advertisement

Ngopi Bareng di Kedai Kopi Khas Salem

Rabu, 09 September 2020

 


BREBES.GoongNews.Com - Dalam rangka mengembangkan produk kopi serta produk-produk khas Salem , mulai hari ini Rabu , (9/9/20) Rumah Produk khas Salem dan Kedai Kopi Salem mulai buka kembali. 


Rumah produk khas Salem dan kedai kopi Salem yang bertempat di Dukuh Sawahgede Desa Bentar ini merupakan tempat kreativitas dan inovasi untuk pengembangan produk-produk yang ada di kecamatan tersebut.


Sebelumya pada akhir desember tahun 2019 tempat ini diresmikan oleh Bupati Brebes Hj Idza Priyanti SE MH serta dihadiri anggota DPRD Brebes Sukirso, pejabat Forum Pimpinan Kecamatan Salem, Kepala Instansi, Kepala Desa dan Perangkat Desa dan para pengelola Bumdes se-Kecamatan Salem.


Kali ini Pembukaan oleh Camat Salem Drs Nur Ari HY,MSi, didampingi Sekcam Ujang Wahyu,Tim, Koordinator PD ,Dadang SE dan koordinator pengelola kedai kopi,perwakilan  BumDes dan Koordinator UMKM  disertai pemotongan tumpeng nasi kuning.



Nur Ari mengapresiasi para pengelola Bumdes, pegiat Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang telah memajukan produk-produk khas Salem khususnya kopi. Kopi khas Salem kini makin dikenal baik di tingkat nasional berkat kerja keras para pegiat usaha itu.


"Adanya tempat seperti ini dimaksudkan agar produk-produk yang ada di Salem khususnya kopi semakin terkenal dan semakin diminati oleh masyarakat," kata Nur Ari


Di Salem sendiri ada kopi capar yang memiliki keistimewaan tersendiri. Karena ditanam di lahan yang memiliki ketinggian 800 meter dpl, kopi robusta capar memiliki rasa moka dan kayu manis.


"Ada empat varian kopi capar yang dihasilkan. Pertama dark, yaitu pahit karena dimasaknya lebih lama. Medium, tidak terlalu pahit, spesial mix, yang sudah dicampur gula aren dan kopi kasar untuk pembuatan kopi susu. Kami juga punya yang spesial yakni kopi luwak asli. Hanya saja produksinya masih sedikit, 10 kg setahun. Harganya 10 gram sudah jadi bubuk Rp.35 ribu, selain kopi capar ada juga kopi gunung kumbang, kopi gunung tajem, kopi winduasri." terang dia.


Sebelum pembukaan di awali dengan senam sehat bersama Forkompinca Salem, dinas terkait dan warga di  alun alun Salem,Dalam rangka Haornas Tahun 2020.