Di tengah musim kemarau, polsek jiken bersama perhutani melaksanakan patroli kahutla

Advertisement

Di tengah musim kemarau, polsek jiken bersama perhutani melaksanakan patroli kahutla

Sabtu, 05 September 2020


Blora.GoongNews.com_Polsek Jiken Polres Blora Polda Jawa Tengah bersama Perhutani setempat, menggelar patroli hutan di wilayah hutan BKPH Cabak RPH  Nglobo. Sabtu, (05/09/2020). Patroli sinergitas tersebut digelar untuk antisipasi kebakaran hutan dan lahan dimusim kemarau.


Kapolres Blora AKBP Ferry Irawan,SIK melalui Kapolsek Jiken Iptu Nur Dwi Edi,SH,MH mengungkapkan bahwa patroli hutan perlu ditingkatkan untuk antisipasi terjadinya kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) serta antisipasi pembalakan liar.


Kapolsek Jiken membeberkan bahwa disaat musim kemarau seperti ini rawan terjadi kebakaran. Untuk itulah pihaknya intensif patroli hutan baik siang maupun malam. "Kita tingkatkan patroli hutan, tentunya dengan menjalin sinergi dengan perhutani dan instansi terkait lainnya untuk menjaga kelestarian hutan di Blora, khususnya di wilayah Jiken," ucap Kapolsek Jiken


Selain melakukan patroli petugas gabungan juga memberikan imbauan kepada masyarakat sekitar hutan untuk ikut menjaga kelestarian hutan dan lingkungan, salah satunya adalah dengan tidak melakukan pembalakan liar dan tidak membakar hutan untuk membuka lahan pertanian baru.


Kapolsek berharap apabila ada warga yang melihat atau mengetahui ada kebakaran hutan untuk segera dipadamkan, dan jika tidak bisa diatasi segera melaporkan ke kepolisian terdekat.


“Saya imbau kepada masyarakat apabila akan membuka lahan pertanian baru, jangan sampai dengan cara membakar lahan dan hutan karena berbahaya," pungkas Kapolsek.


Selain itu pihak perhutani adm cepu sangat berterima kasih dengan adanya bantuan pihak kepolisian terkait pencegahan adanya kebakaran hutan dengan melakasanakan patroli rutin. Selain itu pihak perhutani juga menggandeng amsyarakat sekitar hutan untuk bisa menjaga dari terjadinya kebakaran hutan yang nantinya akan merugikan masyarakat hutan itu sendiri. (AEP)