MASIGNASUKA101
6538102076346834064

Penutupan Alun Alun Kota Brebes Banyak Menuai Kritikan Dari Masyarakat

Penutupan Alun Alun Kota Brebes Banyak Menuai Kritikan Dari Masyarakat
Add Comments
Rabu, 26 Agustus 2020

 


BREBES.GoongNews.Com
- Kebijakan penutupan jalan Alun-alun Kota Brebes mulai diterapkan Rabu siang (26/8), dengan pemasangan pembatas jalan oleh petugas Dishub, akibatnya masyarakat yang rumahnya disekitar alun alun kesulitan untuk beraktivitas. 


Penutupan jalan di Alun-Alun Kota Brebes itu membuat warga kebingungan. Sebab, Alun-alun selama ini menjadi salah satu pusat keramaian warga, untuk bersantai sambil menikmati makanan yang dijual para pedagang.


Sejumlah petugas terlihat menutup akses jalan di Alun-alun Kota Brebes dengan barikade. Adapun akses jalan yang ditutup, di antaranya, akses jalan tengah Alun-Alun Brebes, akses jalan sisi timur dan barat. Kemudian akses jalan sisi sebelah selatan yang menuju pintu Pendapa Kabupaten Brebes. Di akses jalan sebelah selatan hanya disisakan ruas untuk keluar masuk pendapa. 


Bahkan, petugas juga memasang banner besar bertuliskan "Alun-Alun Bukan Jalan Umum, Akses Ini Ditutup Gunakan Akses lain". Tulisan ini terpajang di akses pintu masuk tengah Alun-alun Brebes. 


Kebijakan penutupan jalan di sekeliling Alun-alun Brebes tersebut sontak menjadi sorotan warga Kota Bawang di media sosial. Mereka menyoal penutupan jalan karena Alun-alun selama ini sebagai fasilitas umum yang menjadi pusat kegiatan warga. Di sisi lain, kebijakan itu juga merugikan pedagang yang selama ini berjualan di Alun-alun, karena akan membuat dagangannya tidak laku. 


Digrup media sosial facebook Pemali Brebes misalnya, nitizen menyoroti kebijakan Pemkab Brebes tersebut. Bahkan, mereka juga menyoal tulisan pengumuman yang dipasang, karena dinilai   Alun-alun dianggap bukan jalan umum. Pemilik akun GusBill misalnya, menulis komentar "Pembuat Kalimate Aneh. Alun-Alun Ruang Publik, Akses Publik, Lalu Lintas Publik. Wong (Orang-red) luar kota pan (mau-red) transit Masjid Agung yen ora bisa mlebu kendaraane piben (kalau tidak bisa masuk kendaraannya gimana-red)? Ide sapa sing gawe pengumuman kuwe (ide siapa yang bikin pengumuman itu-red). 



Sementara Pemilik akun Nurofik Sidik berkomentar , Jare aku ta ora usah kaya kue..mana mana ya dalan go kendaraan mbuh motor mbuh mobil..langka motor liwat toli engko wong dagang sing nng alun alune kepibe. Ngalem akuta...daning pikirane cendek temen. Melas wong dagange oh...(menurut saya tidak usah begitu. Bagaimana pun jalan dipakai kendaraan baik motor atau mobil. Tidakada motor lewat nanti pedagang di Alun-alun gimana. Saya memuji, kok pemikirannya pendek, kasihan pedagang-red). 


Terpisah Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Pemkab Brebes, Johari saat dikonfirmasi menjelaskan, penutupan jalan di Alun-alun Kota Brebes hanya untuk pembatasan jenis kendaraan yang melintas. Itu agar kendaraan truk dan kendaraan barang tidak lewat jalan di Alun-alun. Di sisi lain, itu juga baru sebatas uji coba. "Ini hanya untuk pembatasan saja, agar truk dan kendaraan barang tidak melintas. Ini juga baru uji coba," ujarnya saat dihubungi melalui pesan whatapp (WA)